Tuesday, May 4, 2010

I Gus¬tiNgurah


Sastrawan yang sangat produktif ini bernama I Gus­tiNgurah Putu Wijaya. Ia lahir 11 April 1944 di Tabanan, Bali. Pendidikan formalnya diselesaikan di Fakultas Hukum UGM (1969).  
Hampir semua jenis karya sastra lahir dari tangannya, seperti cerpen, novel, drama, dan esai. Selain itu, dia dikenal sebagai penulis skenario film andal, sutradara teater dan film, serta penuis kritikteater dan film.  

Berbagai aktivitas seni budaya menjadi bagian hidupnya. Dia juga pernah menggeluti jurnalistik di Majalah Tempo dan Zaman (1971– 1985). Sampai kini, tulisannya masih deras mengalir di berbagai media cetak.  

Putu Wijaya termasuk penulis yang kreatif. Bahasanya bergaya tegas, penuh semangat, dan humoristik.  Berkali-kali dia memenangi sayembara penulisan novel, drama, cerpen, dan esai. 

Karyanya yang berupa cerpen terkumpul dalam antologi Bom (1978, kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, Bomb (1987), Es (1980), Gres (1982), Protes (1997), dan Blok (1997).  

Jika Anda ingin lebih mengetahui biografi Putu Wijaya, Anda dapat membacanya di Ensiklopedi Sastra Indonesia.  Sumber: Ensiklopedi Sastra Indonesia

No comments:

Post a Comment