Wednesday, May 19, 2010

> Gelombang Berjalan

1. Persamaan Gelombang Berjalan 
Seutas tali AB yang kita bentangkan mendatar. Ujung B diikatkan pada tiang, sedangkan ujung A kita pegang. Apabila ujung A kita getarkan naik turun terusmenerus, maka pada tali tersebut akan terjadi rambatan gelombang dari ujung A ke ujung B. 

Misalkan amplitudo getarannya A dan gelombang merambat dengan kecepatan v dan periode getarannya T.  Yp = A sin (wt – kx) .... (1.2) Persamaan tersebut yang disebut sebagai persamaan gelombang berjalan yang secara umum dapat dituliskan : Yp = A sin (wt ± kx) ....(1.3) 

Dalam persamaan di atas dipakai nilai negatif (-) jika gelombang berasal dari sebelah kiri titik P atau gelombang merambat ke kanan dan dipakai positif (+) jika gelombang berasal dari sebelah kanan titik P atau gelombang merambat ke kiri.  

2. Sudut Fase, Fase, dan Beda Fase pada Gelombang 
Seperti halnya pada getaran, pada gelombang pun dikenal pengertian sudut fase, fase, dan beda fase. Oleh karena itu perhatikan lagi persamaan gelombang berjalan berikut ini! YP = A sin (t - kx)  Contoh soal :  Sebuah gelombang merambat pada tali yang memenuhi persamaan : 
Y = 0,4 sin 2n (60 t – 0,4 x) di mana Y dan x dalam meter dan t dalam sekon, tentukanlah : 
a. amplitudo gelombang, 
b. frekuensi gelombang, 
c. panjang gelombang, 
d. cepat rambat gelombang, dan 
e. beda fase antara titik A dan B pada tali itu yang terpisah sejauh 1 m. 

Penyelesaian : Untuk menyelesaikan persoalan gelombang berjalan yang diketahui persamaan gelombangnya, kita mengubah bentuk persamaan gelombang tersebut ke dalam bentuk persamaan gelombang umum. Diketahui : Y = 0,4 sin 2n (60 t – 0,4 x) Ditanyakan : 
a. A = ... ?
b. f = ... ?
c. Lamda = ... ?
d. v = ... ?
e. Delta teta = ... ?
Jawab :
Y = 0,4 sin 2n (60 t – 0,4x) diubah menjadi bentuk
Y = 0,4 sin (120n t – 0,8nx)
YP = A sin (wt – kx)

No comments:

Post a Comment