Wednesday, May 12, 2010

> Menganalisis Novel

Kelebihan novel yang khas terletak pada kemampuan menyampaikan permasalahan yang kompleks secara penuh. Hal itu berarti, menganalisis novel menjadi lebih mudah, sekaligus lebih sulit daripada menganalisis cerpen. 
Ia lebih mudah karena tidak menuntut kita memahami masalah yang kompleks dalam waktu sedikit. Sebaliknya, ia lebih sulit karena berupa penulisan dalam skala yang besar yang berisi unit organisasi atau bangunan yang lebih besar daripada cerpen.

Hal yang dimaksud dipaparkan berikut ini.
1. Latar.
Pelukisan latar novel dapat saja melukiskan keadaan latar secara terperinci sehingga dapat memberikan gambaran yang lebih jelas, konkret, dan pasti. Walaupun demikian, cerita yang baik hanya akan melukiskan detail-detail tertentu yang dipandang perlu.

2. Penokohan. 
Tokoh-tokoh cerita novel biasanya ditampilkan secara lebih lengkap, misalnya yang berhubungan dengan ciri-ciri fisik, tingkah laku, sifat dan kebiasaan, serta hubungan antartokoh, baik yang dilukiskan secara langsung maupun tak langsung. Semua itu, tentu saja akan memberi gambaran yang lebih jelas dan konkret mengenai keadaan para tokoh. Itulah sebabnya tokoh-tokoh cerita novel dapat lebih mengesankan.

3. Alur.
 Berhubung ketidakterikatan pada panjang cerita yang memberi kebebasan kepada pengarang, umumnya novel memiliki lebih dari satu alur; terdiri atas satu alur utama dan subalur. Alur utama berisi konflik utama yang menjadi inti persoalan yang diceritakan sepanjang karya itu, sedangkan subalur berupa konflikkonflik tambahan yang sifatnya menopang, memperjelas dan mengintensifkan konflik utama untuk sampai ke klimaks. 

Alur-alur tambahan atau subalur itu berisi konflik-konflik yang mungkin tidak sama kadar kepentingan atau peran terhadap alur utama. Setiap subalur berjalan sendiri, sekaligus dengan penyelesaiannya sendiri pula, yang tetap berkaitan satu dengan yang lain dan tetap dalam hubungan dengan alur utama.     

4. Tema.   
Dalam novel diungkapkan berbagai masalah kehidupan yang semuanya akan disampaikan pengarang. Namun, sebagaimana peran subalur terhadap alur utama, tema-tema tambahan itu bersifat menopang dan berkaitan dengan tema utama untuk mencapai efek kepaduan.  

No comments:

Post a Comment