Tuesday, May 4, 2010

Membuat Link dalam Satu Halaman

Membuat link ke halaman lain sudah di ajarkan di sini beberapa waktu lalu, yang gunanya untuk mengelink artikel kita sendiri di posting sebelumnya, atau membuat link ke artikel atau blog mlik orang lain yg tulisannya kita kutip. Berikut akan kita bahas cara membuat tautan link yg mengarah ke halaman yg sama (atas, tengah, bawah dll).  

Contoh seperti “kembali ke atas”, dll . Ini berguna terutama bagi yg postingnya sangat panjang, sehingga link-dalam-satu-halaman ini berfungsi untuk mempermudah navigasi pembaca. Ikuti langkah berikut:  

1. Buat ANCHORNAME  Catatan: Kalau ANCHORNAME ditaruh sejajar dengan kata “pendahuluan”, maka link akan mengarah ke bawahnya kata “pendahuluan”, kalau ANCHORNAME ditaruh di atasnya kata “pendahuluan”, maka ketika linkname diklik akan mengarah persis ke kata “pendahuluan”. Untuk lebih jelasnya, silahkan Anda coba-coba sendiri.  

2. Buat link name yg diarahkan ke anchor link tersebut  Penting: Apabila gagal setelah mengikuti tutorial di atas dengan benar, maka permasalahannya biasanya ada pada TANDA KUTIP. Ganti tanda kutip ["] atau quote/unquote dan ganti dg tanda kutip yang baru.  

Catatan: 
1. Anchor name yg berupa “pendahuluan” bisa diganti dg kata lain yg anda suka yg penting harus sama dg link name-nya. 
2. Unsur LINK NAME adalah permalink URL + #linkname. Jadi url mengarah ke permalink halaman/posting yang sama. 
3. Fungsi lain dari link-dalam-satu-halaman ini adalah untuk footnote, bagi blogger yg membuat tulisan ilmiah dg memakai footnote di halaman yg sama di blognya. Dalam kasus footnore ini, maka ANCHOR NAME diletakkan di footnote, sedang LINKNAME ditaruh di kata-kata tulisan Anda yg merujuk ke footnote. 

No comments:

Post a Comment