Tuesday, May 4, 2010

Mengaktifkan Widget di Sidebar

Di WordPress.com, mengaktifkan widget di sidebar atau kolomsisi boleh dikatakan “wajib”, sebab tanpa itu kita tidak akan dapat menambah aksesoris blog sesuai dengan yang kita inginkan.

Aksesoris yang saya maksud, seperti yang bisa Anda lihat di sidebar blog ini, seperti Text Area, RSS dari blog lain, Recent Comment/Pembaca Terbaru mybloglog.com, dan lain-lain. Ikuti tip praktis berikut untuk mulai mengaktifkan widget blog Anda di sidebar.

Untuk WordPress 2.7 dan WordPress.com
1. Setelah login, klik “Appearance” -> “Widget”
2. Klik “Tambah” atau “Add” pada widget yang tersedia. Contoh, klik “Tambah” pada widget “Tulisan Terakhir” atau “Recent Post”
3. Klik “Simpan Perubahan” atau “Update Change”. Selesai.

Lakukan hal yang sama untuk menambah widget-widget lain. Untuk membuang widget, tinggal klik “Sunting” -> “Remove” pada widget yang akan dibuang.
Untuk WordPress versi 2.5 dan 2.6:
1. Setelah login, klik “Desain” atau “Design”
2. Klik “Widget”
3. Klik “Tambah” atau “Add” pada Widget yang akan ditambahkan/diaktifkan ke sidebar. Contoh: klik “Tambah” atau “Add” pada widget “Teks / Text”, “RSS”.
4. Klik “Simpan Perubahan” atau “Save Changes”
5. Klik “Sunting” atau “Edit” pada widget yang akan diedit. Contoh, klik “Sunting” pada widget “RSS” yang sudah di “Tambah” tadi, kemudian isi dengan feed dari sebuah blog, Contoh masukkan feed saya ini ke widget RSS Anda -> http://feeds.feedburner.com/fatihsyuhud
6. Klik “Change” dan “Simpan Perubahan”. Selesai.

Tips: Widget yang sudah aktif bisa dinaikturunkan sesuai selera dengan cara: arahkan mouse ke widget -> klik kiri terus-menerus -> tarik ke atas atau ke bawah sesuai selera.
Untuk WordPress versi di bawah 2.5 (2.3, 2.2, dst)
1. Setelah login -> klik “Tampilan” atau “Presentation”
2. Klik “Widget”
3. Ada menu “Widget yang Tersedia”, di bawahnya ada kotak-kotak kecil (widget) -> Tarik kotak yang Anda inginkan ke “Kolom Sisi” atau “Sidebar” di atasnya. 
Contoh, tarik widget “Tulisan Terbaru” ke atas.
Tip: Cara narik: arahkan mouse ke widget -> klik kiri terus-menerus ->tarik ke “Kolom Sisi” atau “Sidebar”
4. Klik “Simpan Perubahan” atau “Update Change” (lihat bagian sebelah kanan atas dan/atau bawah).
5. Selesai. Widget Anda sudah aktif. Sidebar blog Anda sudah diisi widget. 

Ulangi hal serupa untuk memindahkan widget-widget lain yang masih “nganggur” di bawah. Seperti widget “Arsip”, “Komentar Terbaru”, “Meta”, “Teks”, “RSS”, dan lain-lain.

No comments:

Post a Comment