Tuesday, May 4, 2010

Tip Memilih Hosting dan Domain Sendiri

Sebenarnya, membuat blog dengan hosting dan domain sendiri kurang dianjurkan khususnya bagi mereka yang belum begitu menguasai betul seluk beluk wordpress (dengan asumsi Anda akan pakai wordpress). Karena hosting sendiri berarti Anda mesti mengerjakan sendiri semuanya termasuk upload satu-satu plugins yang diperlukan, memahami FTP yaitu alat untuk upload file dalam jumlah besar, dan lain-lain.  

Namun, kalau Anda sudah ingin banget untuk memiliki hosting dan domain sendiri, maka berikut beberapa tip dari saya seputar bagaimana memilih hosting dan layanan hosting yang baik:  

Pertama, customer service yang baik. Jangan mudah tergiur dengan harga murah. Yang paling penting adalah kita harus tahu apakah customer service provider hosting itu bagus apa tidak. Untuk itu tanyakan soal ini ke teman-teman yang sudah pernah atau sedang memakai suatu provider hosting tertentu.  

Kedua, server. Tanyakan juga pada yang jadi pemakai jasa layanan suatu provider apakah server-nya lancar dan jarang ngadat. Ketiga, kalau poin 1 dan 2 sudah terpenuhi, baru Anda boleh membanding-bandingkan harga.  

Kelebihan dari rumahweb.com (berpusat di Jogja) antara lain (a) Layanan pelanggan (CS) sangat bagus bisa melalui YM, SMS dan telpon dan teknisinya kompeten; (b) bisa dimintai bantuan untuk pasang plugs-in apa saja yang kita mau (ini yang sangat penting, terutama bagi pemula); (c) server termasuk cepat dan hampir tak pernah ngadat.  Berikut beberapa provider hosting Indonesia lain yang katanya bagus (saya belum mencobanya, jadi silahkan tanya pada yang sudah pernah atau sedang makai layanan ini):      
* jagoanhosting.com     
* idebagus.com     
* Dll (silahkan ditambah di kotak komentar)  

Anda mungkin punya pengalaman bagus (atau buruk) dengan provider hosting Indonesia yang lain, silahkan dibagi supaya bermanfaat bagi teman-teman yang hendak pakai hosting sendiri.

No comments:

Post a Comment