Wednesday, May 12, 2010

> Merangkum Isi Informasi dari Tabel dan Grafik

Dalam pelajaran sebelumnya, Anda belajar cara memperoleh informasi dari berbagai media. Dalam kenyataannya, ada informasi yang dilengkapi dengan tabel atau grafik.  Oleh karena itu, kali ini Anda akan belajar merangkum isi informasi dari tabel atau grafik. 

Dengan demikian, Anda akan makin mahir dan mudah memperoleh informasi.  
Tabel 
Tabel adalah daftar berisi ikhtisar sejumlah (besar) data informasi yang biasanya berupa kata-kata dan bilangan yang tersusun secara bersistem urut ke bawah dalam baris dan kolom tertentu dengan garis pembatas sehingga dapat dengan mudah disimak atau dibaca.  

Dengan demikian, pada saat membaca tabel, kita harus memperhatikan bagian baris dan kolom untuk memperoleh data yang akurat.  

Grafik 
Grafik adalah gambaran pasang surut suatu keadaan yang dilukiskan dengan garis atau gambar. Data-data dari tabel dapat dibuat menjadi bentuk grafik sehingga terlihat jelas gambaran tentang data tersebut.  
Grafik dibutuhkan untuk memberikan informasi secara cepat mengenai tingkat perkembangan (naik-turun) suatu aktivitas yang didasarkan pada data yang akurat.  

Ada tiga bentuk grafik yang biasanya digunakan untuk melengkapi sebuah karya tulis, yakni grafik batang, grafik garis, dan grafik lingkaran. Berikut contoh ketiga grafik tersebut.

No comments:

Post a Comment