Tuesday, May 4, 2010

Tips Tidur Sehat

Kualitas tidur merupakan sumber kesegaran, tenaga, dan vitalitas yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan produktivitas keesokan harinya.  Kualitas tidur adalah kebutuhan mutlak yang sama pentingnya dengan makanan bergizi dan olahraga. Jika setiap hari Anda mengalami insomnia (penyakit sulit tidur), apa Anda yakin keesokan harinya Anda bisa lebih fresh? Mulai sekarang mulailah pola tidur sehat.  Berikut ini beberapa tips tidur lebih sehat.
1. Disiplin Selalu tidur pada waktunya. 
Agar jam biologis tubuh Anda stabil, bangunlah pada waktu yang sama. Tidak peduli apakah Anda merasa cukup tidur atau tidak. Usahakan untuk menjaga keteraturan tidur dan bangun pagi baik hari kerja maupun hari libur.  
2. Olahraga teratur 
Olahraga teratur adalah obat mujarab untuk menetralisir ketegangan fisik dan pikiran Anda. Hal ini sedikit banyak membantu meningkatkan kualitas tidur Anda. Jangan terlambat berolahraga. Cukup lakukan sedikit olahraga ringan. Waktu paling ideal untuk berolahraga adalah pagi atau sore hari atau maksimum menjelang petang.
3. Suasana dan ritual 
Ciptakan suasana yang nyaman. Jaga kelembaban dan suhu udara kamar tidur Anda. Usahakan sedemikian rupa begitu pagi datang, matahari akan masuk ke kamar. Sebelum tidur, usahakan relaks. Tidak perlu terlalu banyak berpikir.  Lakukan ritual tidur yang menyenangkan seperti mendengarkan musik lembut sambil membaca bacaan ringan. Sesuaikan juga penerangan ruang tidur.
4. Kualitas, bukan kuantitas
Hal yang penting adalah kualitas bukan kuantitas. Tidak masalah jika Anda hanya bisa tidur selama 5 jam saja tapi Anda merasa segar. Jika merasa sudah cukup tidur, lebih baik gunakan waktu Anda untuk melaksanakan kegiatan lain.
5. Jangan tidur dalam keadaan lapar atau kekenyangan 
Semaksimal mungkin Anda harus bisa menghindari tidur karena kelelahan dan bukan pada jam tidur Anda. Jangan tidur dalam keadaan lapar atau malah kekenyangan. 
Hindari kacang-kacangan atau buah-buahan yang mengandung gas, seperti durian.  Hindari juga ngemil dengan kandungan lemak tinggi karena membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Jika Anda sedang diet, jangan pernah tidur dalam keadaan lapar. Lebih baik makanlah buahbuahan rendah kalori seperti pisang atau apel.

No comments:

Post a Comment